FIKSIMILISI

[Klik di sini!] Detail Pameran

Kurator : Hafiz
Tipe Pameran : Pameran Bersama
Rentang Waktu : 15 – 30 Maret 2019
Venue : Orbital Dago, Bandung
Partisipan : Ahmad Humaidi, Afrian Purnama, Alifah Melisa, Anggraeni Widhiasih, Dhanurendra Pandji, Dhuha Ramadhani, Dini Adanurani, Erviana, Madalina, I Gede Mika, Luthfan Nur Rochman, Manshur Zikri, Maria, Deandra, Maria Silalahi, Niskala H. Utami, Pingkan Polla, Prashasti, Wilujeng Putri, Pychita Julinanda, Robby Ocktavian, Syahrullah, Taufiqurrahman, Theo Nugraha, Wahyu Budiman Dasta, Yuki Aditya

Link Terkait:
1. Fiksimilisi: Pameran Milisifilem di Orbita Dago (situs web Forum Lenteng)
2. Milisifilem Berpameran! (situs web Siasat Partikelir)
Dokumen Terkait:
Katalog Pameran FIKSIMILISI

___

Pameran FIKSIMILISI menghadirkan rangkuman-rangkuman visual yang diproduksi oleh 23 partisipan Milisifilem Collective. Rangkuman itu berasal dari praktik-praktik yang paling dasar dalam mengolah visual, baik yang terkait dengan konteks persoalan sekarang maupun hal yang diambil dari referensi visual yang sudah pernah diproduksi oleh pelaku-pelaku visual sebelumnya. Rangkuman-rangkuman ini dipilih dari hasil praktik eksperimentasi visual partisipan, yang tidak merujuk pada satu tema tertentu. Namun, setiap praktik visual selalu fokus dalam satu tema spesifik, yang berkaitan dengan isu yang sedang didiskusikan di kelas, seperti membahas satu tema filem yang dilihat ​frame by frame​, baik secara konteks cerita, visual, dan sosial-kultural yang menyertainya. Rangkuman lainnya adalah kumpulan ‘bingkai’ di berbagai lokasi spesifik dalam menangkap impresi visual secara subjektif. Dalam hal ini tentu saja yang ditangkap bukan hanya bagaimana garis menangkap impresi visual oleh partisipan, tapi bagaimana kehadiran mereka di ruang-ruang publik itu adalah sebuah negosiasi langsung pada keadaan-keadaan yang tak terduga di keseharian kita.

FIKSIMILISI adalah sebuah usaha interpretasi ulang produksi-produksi visual masa lalu, masa kini, dan imajinasi masa depan yang dibingkai dalam berbagai kemungkinan garis, bidang, tekstur, warna yang personal. Bunga rampai rangkuman praktik visual ini adalah sebagian kecil dari ratusan praktik-praktik visual yang dilakukan partisipan.


Teks: Milisifilem Collective

___

Foto Karya:

Nanti Menjadi Sekam, 2019
Dulu Permandian, 2019

___

Tampilan Instalasi:

___

Dokumentasi Pameran:

Foto: Milisifilem Collective, Forum Lenteng