Di Sini Sudah Sedikit, Di Situ Masih Banyak

[Klik di sini!] Detail Karya

Judul : Di Sini Sudah Sedikit, Di Situ Masih Banyak
Tahun : 2019
Medium : Seni performans dengan berbagai objek temuan (botol air mineral bekas dan galon) pada situs spesifik (kolam renang Villa Athaya, Puncak)
Dimensi : Bervariasi
Tanggal : 10 Januari 2019
Lokasi :
Cisarua, Bogor

___

Di Sini Sudah Sedikit, Di Situ Masih Banyak (2019) diciptakan dalam rangka presentasi Milisifilem Collective pada acara Akademi ARKIPEL (7-11 Januari 2019) yang diselenggarakan oleh Forum Lenteng di daerah Puncak, Bogor. Karya yang memadukan ide objek temuan dan seni performans ini mewakili perhatian Maria Silalahi sekaligus sebentuk tanggapan terhadap isu lingkungan dan ketidakadilan sistemik yang ada di tengah-tengah kehidupan masyarakat Indonesia, terutama yang secara khusus berkaitan dengan praktik kejahatan korupsi dan kejahatan institusional.

Dalam aksi seni performansnya, Maria menguras dan mengosongkan isi kolam renang kecil yang ada di villa, hingga tinggal seperempat bagian saja. Kemudian, ia memindahkan air kolam yang tersisa ke dalam masing-masing botol bekas air mineral yang ia kumpulkan selama mengikuti kegiatan Akademi ARKIPEL, juga ke dalam galon-galon, lalu meletakkannya di sepanjang tepi kolam tersebut.

Karya ini membingkai secara kritis konflik kepemilikan sumber daya air dengan mengontekstualisasikan penempatan puluhan botol bekas air mineral di pinggir sebuah kolam renang pada sebuah villa di Kecamatan Cisarua, Bogor, Jawa Barat. Sementara, Cisarua itu sendiri, ataupun Puncak , ialah wilayah yang berdekatan dengan lokasi pabrik Aqua (PT Tirta Investama Ciherang), perusahaan air minum yang memprivatisasi sumber daya air dan, dapat dibilang, menguasai perdagangan air mineral di Indonesia. Seni performans ini menggaungkan sebuah refleksi tentang apa yang tinggal dan apa yang dipakai, apa yang diraup dan apa yang dibatasi, dan sumber daya air mana yang seharusnya dimiliki oleh masyarakat sebagai sumber kemaslahatan bersama. (Manshur Zikri).